Membangun Mental ala Pebisnis Cina



                Cina, dikenal sebagai negara yang banyak melahirkan orang-orang sukses. Rahasianya adalah kerja keras. Bagi masyarakat Cina, kerja keras merupakan tradisi turun-temurun dari nenek moyang. Sehingga anak-anak muda di sana, sudah diajarkan bagaimana bentuk kerja keras sejak dini.
                Diharapkan bahwa generasi muda harus lebih baik daripada generasi sebelumnya. Hal tersebut menjadi prinsip orang Cina untuk melahirkan orang-orang sukses yang disebut dengan continues improvement. Sehingga ,apabila orng tuanya menjadi pedagang kaki lima atau pedagang biasa, anaknya dididik dan harus menjadi seorang pengusaha yang sukses.
                Selain itu, orang Cina tidak pernah menunggu datangnya bola, mereka selalu menjemput bola. Karena kesempatan itu ada ketika seseorang bergerak dan mencari peluang. Agar tidak tertinggal meski hanya satu jengkal kesempatan, orang-orang Cina membiasakan bangun lebih pagi untuk mencari peluang lebih banyak.
                Mereka (orang Cina) tidak pernah kenal dengan arti putus asa. Sebab, bagi mereka sebuah kesuksesan bergantung terhadap sikap, usaha dan keyakinan yang di bangun didalam diri sendiri. meskipun mengalami kegagalan, mereka akan bangkit dengan kekuatan sakit karena gagal dan bertekad untuk tidak mengulangi rasa sakit tersebut.
                Hal-hal yang menjadi dasar kesuksesan, selalu diajarkan turun-temurun sehingga tidak pernah ada pengulangan cara yang sama, akan tetapi memperbaiki cara lama dengan cara baru yang laebih baik.

Sumber
Werdiningsih, Febriana. 2016. Jutawan Kampus. Yogyakarta: Trans Idea Publishing.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment