Fokus Diri Pada Satu Tujuan



                Berusaha untuk tetap fokus pada satu hal memang bukan perkara mudah. Karena manusia cenderung lupa dengan tujuannya ketika mendapatkan sebuah rutinitas baru yang melenakan. Namun, fokus adalah bagian dari sukses. Jika tidak mampu berpikir fokus, kamu tidak akan pernah mampu berjalan lurus menuju tujuanmu. Seperti arus sungai yang bercabang-cabang, maka fokus adalah perahumu untuk tetap berjalan lurus.

Aku sudah berusaha fokus tapi aku sering kali hilang kendali (konsistensi untuk fokus). Apa yang harus aku lakukan?

                Kesadaran yang bagus. Enam puluh menit pelajaran di kelas, mungkin hanya sepuluh menit di awal semua mahasiswa dapat fokus dengan baik. Selebihnya mereka akan berusaha fokus atau tidak fokus sama sekali. Bagaimana kamu bisa mengubahnya? Cara-cara berikut ini dapat diterapkan:
·         Target goal
Tentukan seberapa besar target goal yang hendak kamu capai. Apabila kamu merasa kesulitan, perkecillah targetmu. Ingat kata pepatah “sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Demikian juga dengan kesuksesan. Kesuksesan yang besar diawali dengan kesuksesan kecil.
·         Tahu yang mana prioritas dan mana yang tidak
Untuk sementara waktu,lupakan semua hal yang mengganggu fokusmu dalam perjalanan mencapai goal yang sudah kamu buat. Sebuah kesenangan yang berarti akan datang setelah kamu berhasil mencapai satu goal yang kamu buat.
          Hindari semua hal yang bisa mengganggu atau bahkan merusak fokusmu: nongkrong, senang-senang, asyik bermedia sosial dan lainnya yang tidak memberikan kontribusi yang berarti untuk mencapai goal yang sudak kamu tetapkan.
·         Batas waktu
Pernah dengar perkataan ini, “Ah, kita masih muda. Waktu kita masih panjang. So, santai saja. Nanti juga sampai.” Sampai ke mana ? waktu berlalu dengan sangat cepat tanpa kamu sadari. Saat kamu bersantai-santai, teman-temanmu telah bersimbah keringat mengejar cita-cita mereka. Saat kamu baru memulai, teman-temanmu telah menikmati hasil kerja keras mereka. Mereka meraih apa yang mereka impikan lebih cepat daripadamu yang bersantai ria.
          Sangat penting untuk memberikan batasan waktu kapan kamu akan meraih setiap goal yang sudah kamu buat. Hanya menuliskan target tanpa memberikan batasan waktu, hal tersebut tidaklah balance. Waktu yang terus bergulir. Coret kata ‘santai’ itu dari kamusmu!

Sumber
Werdiningsih, Febriana. 2016. Jutawan Kampus. Yogyakarta: Trans Idea Publishing.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment