Trik Menumbuhkan Sikap Optimis



                Sikap optimis tidak muncul begitu saja. Itu dapat dipelajari dan dibangun sedikit demi sedikit. Berikut ini trik-triknya :
  •      Ucapkan kalimat yang membangun
Aku mampu melakukannya
Aku bisa menjadi yang terbaik
Aku bisa sukses
Aku lebih baik dari apa yang aku kira
Masukkan kalimat-kalimat tersebut ke alam bawah sadarmu. Lakukan menjelang tidur. Jika perlu tulis di sebuah lembar kertas dengan huruf yang berwarna dan menarik. Tempelkan di dinding kamarmu, atau tempat dimana kamu dapat menjangkau setiap waktu. Saat sebelum dan bangun tidur ucapkan sebagai pembuka dan penutup harimu untuk mengembangkan sikap optimis.
  •       Ingatlah kesuksesan yang pernah kamu raih
Sadar atau tidak, berhasil masuk sebuah universitas yang kamu impikan dan bersaing dengan beribu-ribu calon mahasiswa lainnya adalah sebuah prestasi. Kamu bisa dan terus ingat hal itu untuk membangun momen positif dalam hidupmu dan keyakinan bahwa kamu bisa untuk melakukan lebih dari itu.
                Bagaimana bila sampai detik ini ternyata tiada satu pun kesuksesan yang kamu raih? Poin berikutnya akan membantumu.
  •      Jangan pernah mengeluh
Ya, jangan pernah mengeluh di depan orang-orang. Apalagi merasa bahwa dirimu orang paling malang sedunia. Simpanlah segala keluhanmu itu untuk dirimu sendiri, tumpahkanlah itu hanya kepada Tuhan ketika kamu sedang bersendiri dengan-Nya. Hadapi apa pun hal yang menimpamu baik itu positif atau negatif. Mengeluh didepan orang lain hanya memperburuk citramu di mata orang-orang. Mereka akan meragukan kemampuanmu untuk bisa sukses, sehingga berdampak pada pemikiran positifmu dan kamu akan terombang-ambing pada keraguan yang sama.

Sumber
Werdiningsih, Febriana. 2016. Jutawan Kampus. Yogyakarta: Trans Idea Publishing.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment