Pengantar Struktur Data



  • Struktur adalah suatu susunan dan organisasi dari beberapa elemen yang saling terkait dalam suatu obyek atau sistem, atau bagaimana sesuatu disusun atau dibangun.

  •   Data adalah seperangkat nilai-nilai variabel kualitatif dan kuantitatif yang dapat disajikan kembali. Data juga bisa diolah menjadi informasi berdasarkan fakta atau kenyataan yang telah diukur, dikumpulan, dilaporkan, dan dianalisis, dimana itu dapat divisualisasikan menggunakan grafik atau gambar. Data  dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. 

  •   Struktur data adalah suatu cara tertentu yang digunakan dalam penyimpanan, penyusunan, dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien. Struktur data dapat menerapkan satu atau lebih tipe data abstrak( ADT) tertentu, yang menentukan operasi yang dapat dilakukan pada suatu struktur data dan kompleksitas komputasi dari operasi-operasi tersebut. Sebagai perbandingan, sebuah struktur data adalah implementasi konkret dari suatu spesifikasi yang disediakan oleh ADT.

Manfaat Struktur Data:
      1.  Struktur data memungkinkan penyimpanan informasi pada hard disk.
      2.  Menyediakan sarana untuk pengelolaan datasen besar seperti database atau layanan pengindeksan internet.
      3.  Diperlukan untuk desain algoritma yang efisien.
      4.  Memungkinkan penyimpanan informasi yang aman pada suatu komputer. Kemudian, informasi tersedia untuk digunakan suatu saat dan dapat digunakan oleh beberapa program. Selain itu, informasi dijamin aman dan tidak bisa hilang (terutama jika disimpan pada pita magnetik).
      5.  Memungkinkan penggunaan data dan pengolahan data pada sistem perangkat lunak.
      6.  Memungkinkan pengolahan data yang lebih mudah.
      7.  Menggunakan internet, kita dapat mengakses data kapan saja dari setiap mesin yang terhubung (komputer, laptop, tablet, ponsel, dll).
Kekurangan Struktur data:
      1.  Hanya pengguna tingkat lanjut yang dapat merubah struktur data.
      2.  Setiap masalah yang melibatkan struktur data akan membutuhkan bantuan seorang ahli, pengguna dasar tidak dapat membantu diri mereka sendiri.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment