Macam Limbah Beserta Pengolahannya



Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Di mana masyarakat bermukim, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan.

Pengelompokan Limbah
1. Pengelompokan berdasarkan jenis senyawa
  • Limbah Organik
        

          Limbah organik merupakan limbah yang masih bisa diuraikan kembali oleh mikroorganisme ( bakteri ).
Contoh : dedaunan, sisa-sisa makanan, kotoran hewan.
Limbah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos, sebagai penyubur tanaman.
Berikut salah satu cotoh pengolahan limbah organik :
Pengolahan Limbah Organik Menjadi Kompos 
  • Limbah Anorganik
         


          Limbah anorganik merupakan limbah yang sulit diuraikan oleh mikroorganisme.
Sehingga dibutuhkan pengolahan yang tepat agar limbah anorganik tidak mencemari lingkungan.
Contoh : plastik, karet, besi, kaleng bekas, pecahan kaca.
Limbah anorganik dapat diolah dengan proses daur ulang, sebagai bahan dasar kerajinan tangan, atau dilebur menjadi barang lainnya. 
Daur Ulang Limbah Kertas 
  
2. Pengelompokan berdasarkan wujud
  • Limbah Berwujud Cair


      Limbah cair adalah segala jenis limbah berwujud cairan berupa air beserta bahan-bahan buangan lainnya yang tercampur maupun terlarut dalam air yang berasal dari rumahtangga, industri maupun tempat-tempat umum lainnya, dan pada umumnya mengandung bahan-bahan atau zat-zat yang
Contoh : air detergen sisa cucian, air sabun, air tinja, air sisa cucian daging, buah, atau sayur dari industri pengolahan makanan dan dari sisa pewarnaan kain/bahan dari industri tekstil, air buangan dari talang atap, pendingin ruangan (AC), halaman, bangunan perdagangan industri, pertanian atau perkebunan, serta air hujan.
  • Limbah Berwujud Padat
          Limbah padat adalah hasil buangan industri yang berupa padatan, lumpur atau bubur yang berasal dari suatu proses pengolahan. Biasanya limbah padat disebut sampah.
Limbah padat di klasifikasikan menjadi 6 kelompok :
  • Sampah organik mudah busuk (garbage), yaitu limbah padat semi basah, berupa bahan-bahan organik yang mudah membusuk atau terurai mikroorganisme. Contoh : sisa dapur, sisa makanan, sampah sayuran, kulit buah-buahan.
  • Sampah anorganik dn organik tak membusuk (Rubbish), yaitu limbah padat anorganik atau organik cukup kering yang sulit terurai oleh mikroorganisme, sehingga sulit membusuk. Contoh: Selulosa, kertas, plastik, kaca, logam.
  • Sampah Abu  (ashes), yaitu limbah padat yang berupa abu, biasanya hasil pembakaran. Sampah ini mudah terbawa angin karena ringan dan tidak mudah membusuk.
  • Sampah bangkai binatang (dead animal), yaitu semua limbah yang berupa bangkai binatang, seperti tikus, ikan dan binatang ternak yang mati.
  • Sampah sapuan (street sweeping), yaitu limbah padat hasil sapuan jalanan yang berisi berbagai sampah yang tersebar di jalanan, sperti dedaunan, kertas dan plastik.
  • Sampah Industri (Industrial waste), yaitu semua limbah padat yang bersal daribuangan industri. Komposisi sampah ini tergantung dari jenis industrinya.
  • Limbah Berwujud Gas


           Limbah gas segala jenis limbah berwujud gas/ materi partikulat yang apabila berada di udara dapat menjadi polutan (pencemar). Limbah gas dapat menurunkan kualitas udara yang biasanya mengandung partikel-partikel bahan padatan atau cairan yang berukuran sangat kecil dan ringan sehingga tersuspensi dengan gas-gas tersebut. Bahan padatan dan cairan tersebut disebut sebagai materi partikulat.
Contoh : karbon monoksida (CO), hidrokarbon, sulfur dioksida, dan karbon dioksida (CO2).
  • Limbah Suara
Limbah suara adalah limbah yang berupa gelombang bunyi yang merambat diudara. Limbah suara dapat dihasilkan dari mesin kendaraan, mesin-mesin pabrik, peralatan elektronik dan sumber-sumber yang lainnya. Limbah suara dapat menyebabkan ketulian fisik dan tekanan psikologis.

3. Pengelompokan berdasarkan sumber
  • Limbah Domestik
Adalah limbah yang terbuang atau sengaja dibuang yang berasal dari kegiatan pemukiman penduduk (rumah tangga) dan kegiatan usaha seperti pasar, restoran, dan gedung  perkantoran.
Contoh : sisa makanan, kertas, kaleng, plastik, air sabun, detergen, tinja.
  • Limbah Industri
Adalah limbah buangan dari proses produksi suatu industri. Contoh: limbah logam berat pada industri tekstil.
  • Limbah Pertanian


Adalah limbah yang berasal dari limbah pertanian, limbah ini biasanya berupa senyawa-senyawa anorganik dari bahan kimia yang digunakan untuk kegiatan pertanian atau limbah organik berupa dedaunan dan sisa-sisa tanaman.
Contoh: Pupuk,  pestisida, jerami.
  • Limbah Pertambangan

Adalah limbah yang dihasilkan oleh kegiatan pertambangan. Contoh: asam sulfat dan senyawa besi.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment